25 October 2017

Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara dan Harganya

Ternyata, tak hanya ikan hias air tawar saja, bahkan ada beberapa jenis ikan hias air laut yang bisa sobat pilih sebagai hewan peliharaan. Bahkan, beberapa jenis ikan hias yang hidup di laut pun memiliki nilai keindahan tersendiri jika dibandingkan dengan beberapa ikan hias yang habitatnya di air tawar. Tak hanya itu, jenis ikan hias laut pun juga memiliki ragam jenis dengan keunikan yang sangat menarik. Namun, karena aspek perawatan atau pemeliharaan ikan hias yang hidup di laut ini tak jarang menjadi kendala bagi mereka yang ingin memeliharanya, terlebih habitatnya di air laut sehingga kita harus siap sedia air laut pengganti di saat pengurasan. Akan tetapi, ada beberapa jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara dengan harga yang bervariasi serta bisa dijadikan pilihan sebagai ikan hias yang akan kawan pelihara.
jenis ikan hias air laut
Jenis Ikan Hias Air Laut
Berkaitan dengan itu, memang ragam dari jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara ini sangat berhubungan erat dengan karakter dari ikan itu sendiri. Namun, pada dasarnya, merawat ikan hias air laut itu tak berbeda jauh dengan memelihara ikan hias air tawar. Hanya saja, dalam hal ini air yang diperlukan adalah air laut sebagai habitatnya dan harus diganti sesering mungkin. Selain itu, hal yang mungkin menjadi faktor kesulitan dari kebanyakan orang dalam memelihara ikan hias air laut ini yakni aquarium yang nantinya akan dijadikan tempat tinggal si ikan. Di mana, dalam hal ini diperlukan ketersediaan aquarium yang berukuran lebih besar mengingat geraknya yang umumnya relatif lebih agresif dibanding ikan hias air tawar. Namun, terkadang juga hal yang menjadi kendala yakni kita masih bingung untuk tahu ragam ikan hias air laut apa saja yang mudah pemeliharannya serta berapa varian harganya. Nah untuk lebih jelasnya, simak saja beberapa jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara beserta harganya yang Mag Fish uraikan di bawah ini!

Jenis Ikan Hias Air Laut
Berikut beberapa jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara beserta dengan informasi harganya. Selengkapnya, berikut uraiannya :

1. Ikan Watchman Gobies
Ikan yang bernama Watchman Gobies ini merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara. Ikan dengan nama ilmiah Cryptocentrus atau biasa disebut dengan ikan Jabing ini juga terdiri dari dua corak, yaitu bluespotted dan pink. Keduanya sama-sama menampilkan bentuk dan corak warna yang sangat indah dengan bentuk tubuh memanjang seperti udang.
ikan watchman gobies
Ikan Watchman Gobies
Di sisi lain, ikan Watchman Gobies bluespotted merupakan Ikan yang seluruh tubuhnya terdapat bintik-bintik atau corak berwarna biru. Sementara itu, untuk tipe Pink Watchman Gobies memiliki corak tubuh yang menampilkan warna merah muda. Tak hanya itu saja, ikan ini juga sangat bermanfaat untuk membersihkan dasar pasir dari lumut kecoklatan mengingat ikan hias air laut yang satu ini gemar memakan lumut.

Keunggulan dari ikan hias air laut jenis Watchman Gobies ini terletak pada geraknya yang agresif serta daya tahan tubuhnya yang terbilang cukup kuat. Bahkan, kemampuan dalam bersenangnya sangat baik. Sehingga, bisa dikatakan bahwa ikan ini merupakan jenis yang mudah dipelihara. Pakan ikan hias air laut yang satu ini pun cukup mudah, seperti udang kecil. Hanya saja, dengan sifatnya tersebut kawan-kawan harus mempersiapkan aquarium yang cukup luas.

Sementara itu, untuk harganya sendiri pun relatif cukup terjangkau. Di mana, menurut beberapa informasi, harga Ikan hias air laut bernama Watchman Gobies ini berkisar pada nominal yang tak sampai 50 puluh ribu untuk ukuran yang kecil.

2. Ikan Moorish Idol
Selain itu, salah satu jenis ikan hias air laut yang mudah dipeliharan dan cukup populer yakni ikan Moorish Idol. Di mana, jenis ikan yang memiliki nama ilmiah Zanclus Cornutus ini memiliki bentuk tubuh yang terbilang sedang dengan ukuran sekitar 23 cm dan cenderung berbentuk pipih. Selain itu, Ikan Moorish Idol memiliki corak tubuh yang khas, yakni berwarna kombinasi garis kuning dan hitam.
ikan moorish idol
Ikan Moorish Idol
Tak hanya itu saja, Ikan Moorish Idol ini pun memiliki bentuk sirip yang relatif kecil, kecuali untuk sirip punggung, yang enam atau tujuh duri yang dramatis memanjang untuk membentuk trailing, berbentuk sabit puncak yang disebut ekstensi philomantis.

Di lain sisi, jenis ikan hias air laut yang habitatnya di daerah laut tropis dan sub tropis ini cukup mudah dipelihara mengingat merupakan jenis ikan omnivora, seperti hewan invertebrate, polip karang, atau tunicates. Di sisi lain, tipe ikan ini lebih cenderung terlihat sendiri daripada berkelompok dan umumnya menempel pada bagian bawah karang sehingga sangat disarankan apabila akan memelihara ikan Moorish Idol ini untuk menyediakan karang hias.

Nah, untuk sobat yang ingin memeliharanya, perlu diketahui bahwa harga jenis ikan Moorish Idol ini berada pada kisaran banderol yang cukup mahal. Di mana, mulai dari puluhan ribu sampai pada ratusan ribu.

3. Ikan Blue Tang/Botana
Selanjutnya, ada jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara, yakni jenis Blue Tang atau Botana. Ikan yang satu ini pun biasa disebut dengan ikan dori. Keunikan dari ikan yang habitatnya berada di kawasan laut Indo Pasifik ini terletak pada bentuk tubuhnya yang pipih, sangat ramping, dan lebar. Di mana, umumnya ikan ini memiliki corak warna biru terang menyala berkombinasi dengan warna kuning pada bagian ekor. Bahkan, pada bagian badan sisi atasnya berhias corak motif berwarna hitam menyala yang semakin membuatnya tampak cantik.
ikan blue tang/botana
Ikan Blue Tang/Botana
Di sisi lain, ikan hias air laut yang satu ini pun terbilang memiliki ukuran tubuh yang cukup sedang, yaitu sekitar 30 cm. Selain itu, jenis ikan hias air laut ini pun memiliki sifat berkelompok dan hidup di lautan dengan arus deras dalam kedalaman sekitar 40 m. Melihat sifat dan bentuk tubuhnya yang cukup besar maka buat sobat yang ingin memelihara ikan Blue Tang ini harus siap menyediakan aquarium besar atau kolam yang cukup dalam.

Tak hanya itu saja, jenis ikan yang bernama Botana atau biasa dikenal dengan Ikan Dori ini pun juga terbilang cukup mudah dipelihara. Pasalnya, ikan hias yang cantik ini bisa diberi pakan berupa udang beku. Nah, untuk harga dari ikan jenis Blue Tang atau Botana ini berkisar di angka Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribuan. Tergantung dari usia, warna, dan ukuran tubuhnya.

4. Ikan Clownfish atau Nemo Fish
Selanjutnya, ikan Clownfish juga merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang bisa dijadikan pilihan untuk dipelihara. Ikan yang juga disebut ikan badut atau yang populer dengan nama Ikan Nemo ini merupakan sub-keluarga Amphiprioninae dalam keluarga Pomacentridae.
ikan clownfish atau nemo
Ikan Clownfish atau Nemo
Umumnya, jenis ikan hias air laut yang dikenal dengan Ikan Nemo ini memiliki corak dua atau tiga garis putih yang berkombinasi dengan warna orange yang sangat cerah. Bentuknya bulat cenderung cembung dan sedikit lebar dengan pola warna yang sangat mencolok dan memiliki ukuran tubuh yang cukup mungil antra 10 cm hingga 18 cm. Bahkan, isinya relatif besar serta memiliki bentuk sirip dorsal yang sangat unik. Sehingga wajar jika ikan jenis ini cukup populer dan banyak diburu oleh para pecinta ikan hias untuk dipelihara dalam aquarium.

Kemudian, yang tak kalah penting untuk kawan ketahui bahwa ikan Clownfish ini merupakan omnivora. Sehingga, sobat bisa memberi makan dengan makanan hidup, makanan beku, ataupun serpihan makanan. Namun, perlu diingat bahwa saat memberikan makanan beku, jangan lupa untuk mencairkan makanan terlebih dahulu.

Di sisi lain, hal menarik dari ikan Clownfish, biasanya terlahir sebagai pejantan dan ikan nemo akan merubah jenis kelaminnya ketika sudah beranjak dewasa. Di samping itu, jenis ikan hias air laut Clownfish ini dikenal juga memiliki 24 jenis dengan pola warna berbeda namun dengan corak yang hampir sama. Sementara itu, untuk harga ikan Nemo atau Clownfish sendiri berkisar di angka Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu per ekor untuk anakan. Sedangkan, ikan Nemo dewasa dibanderol lebih mahal dari puluhan ribu sampai Rp 300 ribuan.

5. Ikan Butterflyfish
Butterfly fish atau bisa disebut dengan ikan kupu-kupu ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang berada di laut tropis yang mana termasuk ke dalam keluarga Chaetodontidae. Selain itu, di Indonesia sendiri sering disebut juga dengan ikan kepe-kepe yang memiliki bentuk tubuh membulat, agak pipih, dan ukurannya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan angelfish dengan ukuran berkisar antara 12 cm hingga 22 cm. Tentu saja, dengan bentuk tubuhnya yang unik serta ukurannya yang terbilang cukup minimalis tersebut maka jenis ikan hias air laut yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias di dalam aquarium karena warna dan coraknya indah.
ikan butterflyfish
Ikan Butterflyfish
Sementara itu, jika kawan-kawan hendak memelihara jenis ikan hias air laut yang satu ini, maka perlu dipahami bahwa Dalam pemeliharaannya, ikan kupu-kupu ini harus selalu diperhatikan kualitas airnya agar selalu stabil. Tak hanya itu saja, perlu diperhatikan juga bahwa dalam pemberian pakan di habitat aslinya ikan jenis Butterflyfish ini memakan pakan hidup yaitu seperti krustacea, polip koral dan juga alga. Namun, sobat juga bisa memberikannya pakan seperti udang atau jangkrik.

Kiranya, beberapa jenis ikan hias air laut yang telah Mag Fish sampaikan di atas bisa menjadi referensi buat teman-teman semua. Selain itu, perlu diketahui bahwa sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan lain yang bisa sobat pilih untuk dipelihara. Hanya saja, menurut Mag Fish 5 jenis ikan hias air laut di atas merupakan jenis yang mudah dipelihara buat kawan-kawan yang mungkin masih pemula.

Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara dan Harganya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment