21 July 2017

Ketahui Penyakit Ikan Koi dan Cara Penanganan yang Tepat

Tahu kah sobat, bahwa ada beberapa penyakit ikan Koi yang harus dipahami, terutama bagi teman-teman yang masih pemula.
Pada dasarnya, penyakit pada ikan Koi ini biasanya terjadi akibat dari kualitas air yang kotor di mana disebabkan karena kotoran ikan itu sendiri (faces), sisa pakan, dan lendir yang diproduksi dari ikan Koi. Jika kondisi airnya sudah tercemar kotoran tersebut maka dipastikan akan memicu parasit maupun bakteri yang sangat dimungkinkan bakal menyerang ikan Koi. Di sisi lain, penyakit ikan hias asal Jepang ini juga bisa saja disebabkan karena stres yang membuat daya tahan tubuh ikan Koi menurun drastis sehingga mudah terserang penyakit. Bahkan, penggunaan filter saja dinilai kurang maksimal untuk menghilangkan parasit atau kuman maupun bakteri jahat dalam air. Lantas, kira-kira apa saja ya jenis penyakit ikan Koi itu?
penyakit ikan koi
Penyakit Ikan Koi
Berdasarkan dari pengalaman yang Mag Fish alami, penyakit ikan Koi itu ada beberapa jenis. Namun, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penyebab paling utama ikan Koi terserang penyakit yakni pada kualitas air yang kebersihannya kurang dijaga. Meskipun dari segi perawatan memang terbilang mudah namun jika dibiarkan begitu saja justru bakal menimbulkan masalah, seperti stress, mudah terkena penyakit bahkan sampai berujung pada kematian. Di samping itu, terkadang ada juga dari para pemelihara ikan hias Koi ini yang belum tahu jenis penyakit apa yang sedang menyerang ikan Koi, bahkan ada juga yang belum tahu bahwa ikan Koi yang sedang dipeliharanya itu sedang terserang penyakit atau mengalami stres, khususnya bagi para pemula yang baru belajar memelihara ikan Koi. Maka dari itu, perlu kiranya sebelum kita membahas jenis penyakit ikan Koi, terlebih dahulu kita kenali beberapa ciri ikan Koi stres atau terkena penyakit. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasannya di bawah ini!

Mengenali Ciri Ikan Koi Stress dan Terkena Penyakit
Di awal pembahasan kali ini, Mag Fish terlebih dulu akan berbagi informasi kepada kawan-kawan semua mengenai beberapa gejala atau ciri ikan Koi stress dan terkena penyakit. Berikut ulasannya :

1. Ikan Koi diam saja di dasar kolam
Perilaku ini merupakan salah satu bentuk dari ciri ikan Koi stress atau mungkin terkena penyakit. Biasanya, perilaku yang ditunjukkan ikan Koi seperti ini disebabkan karena kolam tak memiliki arus yang cukup kencang mengingat ikan hias indah yang berasal dari Negeri Sakura ini terbiasa hidup di lingkungan perairan dengan arus air beraliran deras. Sehingga, keberadaan pompa air sangat multlak dalam hal ini. Selain itu, kolam yang kurang dalam (terlalu dangkal) dan rasa ketakutan atau belum terbiasa dengan lingkungan baru juga bisa menjadi penyebab ikan Koi diam saja di dasar kolam. Sehingga, dalam hal ini sobat harus menyesuaikan hal tersebut. Sebab, jika dibiarkan terlalu lama, ikan Koi akan stress berkepanjangan.

2. Ikan Koi tidak mau makan
Jika ikan Koi tak mau makan maka kawan-kawan harus waspada. Penyebabnya biasanya karena belum terbiasa dengan lingkungan baru atau bisa jadi karena mengalami stress. Hal ini bisa diatasi dengan selalu memberikan suplai oksigen dengan menggunakan air pum yang bisa dibeli di toko ikan hias. Selain itu, sobat juga bisa memeriksa aliran air dalam filter apakah lancar atau tidak. Kontrol juga kualitas airnya. Jika dirasa sudah kotor maka segera kuras airnya.

3. Ada perubahan di sekujur tubuh ikan Koi
Nah, apabila sobat ingin tahu apakan ikan Koi yang kawan pelihara terkena penyakit atu tidak maka cek sekujur tubuh pada ikan Koi. Biasanya, ada juga ikan Koi yang tampak sehat dan makanya banyak namun pada tubuhnya ada penyakit seperti jamur yang disebabkan karen parasit. Meski tampak sehat namun jika ada tanda-tanda seperti itu, sebaiknya segera diobati dengan penanganan yang tepat. Selain itu, lihat juga apakah di tubuhnya ada bercak luka, pembusukan, benjolan, apakah siripnya dirapatkan ke sisi badan atau tidak.

Nah, dari beberapa ciri ikan Koi sakit atau stress yang ditunjukkan dengan melihat gejala-gejala di atas, tentu sobat sudah bisa mengidentifikasi atau mengenali, apakah ikan Koi yang kawan pelihara sehat atau tidak. Maka dari itu, mengenali beberapa ciri ikan Koi yang sakit termasuk salah upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan ikan Koi. Nah, untuk mengatasi gejala ikan Koi stress atau terserang penyakit, sobat bisa melakukan beberapa penanganan awal guna mencegah ikan Koi lain tertular. Nah, untuk langkah penanganan yang tepat, lakukan beberapa yang Mag Fish bagikan di bawah ini :

Pertolongan Awal pada Ikan Koi yang Terindikasi Stress atau Terkena Penyakit
1. Pertama, pisahkan ikan Koi yang terindikasi sakit dari ikan Koi lain. Teman-teman bisa menempatkan pada aquarium sedang atau ember lain, yang penting terpisah. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan ikan Koi lain tertular.

2. Cek terus suhu air pada tempat isolasi ikan Koi agar selalu stabil.

3. Berikan suplai oksigen yang mencukupi dengan memberikan aerasi menggunakan air pump yang bisa kawan beli di toko ikan hias.

4. Jika akan diberi makan, berikan pakan sedikit saja mengingat ikan Koi yang sakit biasanya nafsu makanya berkurang.

Selain dari beberapa langkah penanganan pertama di atas, kawan-kawan juga bisa memberikan obat yang tepat. Di mana, obat ini bisa didapatkan di toko ikan hias. Selain itu, selalu cek kebersihan airnya juga, jangan sampai air kotor. Kalau perlu, berikan garam aquarium juga untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya
Setelah kita tahu beberapa gejala atau ciri ikan Koi yang terkena penyakit atau stress, selanjutnya kita akan ulas beberapa jenis penyakit ikan Koi dan cara mengobati atau mengatasinya.

1. Penyakit Jamur (Saprolenia)
Jenis penyakit ikan Koi yang pertama yakni penyakit jamur atau biasa disebut dengan Si Kapas Putih. Penyakit ini dicirikan dengan adanya selaput tipis seperti kapas. Penyebabnya dari jamur saprolegnia di mana jamur ini dipicu karena air yang kotor. Selain itu, bisa juga dikarenakan adanya luka atau bekas luka pada ikan Koi yang tak kunjung sembuh. Maka dari itu, menjaga kualitas air menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mencegah jamur ini berkembang.
jamur pada ikan koi
Jamur pada Ikan Koi
Nah, untuk penanganan ikan Koi yang terkena jamur kapas putih ini, bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

a. Pisahkan ikan Koi yang terserang penyakit ini dari Koi lain.

b. Masukan larutan garam natrium klorida (NaCl) ke dalam air di mana ikan Koi yang dipisahkan tadi ditempatkan. Pemberian larutan tersebut disarankan memiliki takaran antara 1.5% hingga 2.5% saja.

c. Jika sudah, hilangkan jamur yang ada pada tubuh Koi dengan menggunakan kapas yang sudah diolesi obat merah sampai jamurnya hilang.

d. Nah, apabila dirasa sudah hilang, bersihkan menggunakan air bersih sampai obat merahnya hilang.

2. Penyakit White Spot atau Bintik Putih
Umumnya, penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih yang tersebar luas pada tubuh si ikan yang tampak seperti tertutup bedak putih. Penyakit yang satu ini disebabkan karena bakteri yang bernama protuzoa Ichchyophthirius multifilis. Ukurannya sangat kecil dan memiliki bentuk tubuh yang menyerupai seperti telur.
penyakit white spot
Penyakit White Spot
Untuk mengatasi jenis penyakit ikan Koi yang satu ini, lakukan beberapa langkah sebagai berikut :

a. Tingkatkan suhu air dalam kolam menggunakan heater dan tambahkan cairan Methiline Blue pada kolam ikan Koi dengan takaran 105 gram setiap 1 ton air.

b. Selain itu, sobat juga bisa mengatasi penyakit ini dengan menguras air kolam secara teratur setiap 3 hari sekali. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi atau mencegah penyakit jamur white spot.

3. Pembusukan Sirip dan Ekor
Jika sirip dan ekor ikan Koi tampak seperti membusuk, itu tandanya terinfeksi. Pasalnya, penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang bernama Aeromonas Hydriophyla. Bakteri ini biasanya menempel pada sirip atau ekor yang terluka sehingga menyebabkan infeksi. Umumnya, gejala awal yang ditunjukkan bisa dilihat dari sirip koi yang berwarna suram, kemudian lama kelamaan membusuk dan meninggalkan bekas luka yang mengeluarkan darah. Penyakit ini sering terjadi jika kondisi air kolam sangat buruk.
pembusukan sirip dan ekor ikan koi
Pembusukan Sirip dan Ekor Ikan Koi
Untuk mengobati ikan Koi yang terserang penyakit ini memang cukup sulit. Namun, bisa diusahakan dengan beberapa cara seperti di bawah ini :

a. Pisahkan ikan Koi yang terkena penyakit ini dari ikan lain.

b. Kemudian masukan dalam aquarium sendiri. Bisa juga menggunakan ember. Jangan lupa, taruh aerator juga.

c. Berikan larutan Fenoksietanol, Nitrofurazon, atau Kloramin. Campur larutan tersebut di dalam makanan ikan koi dengan takaran 1 gram per kg pakan ikan.

d. Selain itu, bisa juga dengan cara memberikan garam ikan hias yang bisa dibeli di toko ikan hias.

4. Penyakit Cacing Kulit
Apabila sobat melihat ikan Koi seperti merasa gatal dan serin menggosokan tubuhnya pada bagian yang kasar di kolam maka itu pertanda Koi terkena penyakit cacing kulit. Penyakit ini disebabkan cacing jenis Gyrodactyius Sp. Jika dibiarkan begitu saja maka akan membuat tubuh ikan menjadi terluka dan sisinya mengelupas sehingga justru memicu penyakit yang lain.
cacing kulit pada ikan koi
Cacing Kulit pada Ikan Koi
Nah, untuk menangani penyakit yang satu ini, sobat bisa menerapkan langkah pengobatan intensif, yaitu :

a. Memisahkan ikan Koi yang terkena penyakit ini dari ikan lain kemudian masukan dalam wadah atau aquarium yang sudah diberi larutan anti parasit berupa Malacite Green sebanyak 2 % per 10 liter air.

b. Diamkan Koi selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa untuk selalu sedia aerator sebagai suplai oksigen.

c. Lakukan langkah-langkah ini setidaknya dua hari sekali untuk mengatasi penyakit cacing kulit pada ikan Koi ini.

5. Penyakit Cacing Jangkar Lernaea
Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengenal jenis penyakit ikan Koi yang satu ini. Perlu diketahui bahwa penyakit ini biasa disebut dengan cacing jangkar. Parasit yang satu ini bisa dilihat yang biasanya menempel pada bagian tubuh si ikan atau pada bagian insangnya. Bahayanya, parasit ini tumbuh dan berkembang cepat dengan menghisap cairan tubuh si ikan sehingga akan membuat ikan Koi menjadi lemas dan kurus. Jika dibiarkan begitu saja maka dipastikan akan menyebabkan kematian. Parahnya, apabila saat ikan Koi terkena penyakit ini maka dengan sangat cepat ikan lain akan terkena juga.
penyakit cacing jangkar ikan koi
Penyakit Cacing Jangkar Ikan Koi
Karena sangat berbahaya, maka segera diatasi dengan beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu :

a. Angkat tubuh ikan Koi dan ambil beberapa cacing yang menempel pada tubuh si ikan dengan menggunakan pinset.

b. Kemudian, olesi dengan obat merah pada bekas luka yang ditimbulkan karena gigitan cacing.

c. Namun, jika cacingnya banyak, tak perlu mengangkat dengan pinset. Berikan saja larutan formalin atau Dephterex. Lalu, mandikan ikan Koi dengan menggunakan larutan tersebut selama kurang lebih 10 menit sampai cacingnya hilang.

d. Lakukan pemandian ini dalam kurun waktu dua kali sehari sampai cacinya benar-benar hilang.
jenis penyakit pada ikan koi
Jenis Penyakit pada Ikan Koi
Sebenarnya, masih banyak lagi jenis penyakit ikan Koi yang biasa menjangkiti si ikan hias nan cantik ini. Namun, kelima penyakit ikan Koi yang Mag Fish jelaskan di atas merupakan jenis penyakit yang dianggap paling sering menjangkiti dan cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja. So, penting untuk diketahui dan dipahami cara menanggulanginya. Selain itu, tindakan pencegahan seperti menguras air kolam secar rutin, memberikan vitamin dan makanan yang bergizi akan membuat ikan Koi tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit-penyakit berbahaya dan mematikan. Nah, sampai di sini, Mag Fish berharap semoga informasi mengenai beberapa penyakit ikan Koi di atas bisa bermanfaat buat kawan-kawan semua.

Ketahui Penyakit Ikan Koi dan Cara Penanganan yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment