06 June 2017

Cara Merawat Ikan Arwana Agar Cepat Besar dan Warna Sisiknya Muncul

Hai sobat! Tentu, dengan berkunjung pada artikel ini, pastinya sobat ingin tahu cara merawat Ikan Arwana bukan?
Nah, sebelumnya perlu untuk kawan pahami terlebih dahulu bahwa Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang habitat aslinya berada di rawa-rawa atau sungai besar. Tentu, dari hal tersebut kawan-kawan paling tidak sudah mengetahui bagaimana gambaran lingkungan hidup dari Ikan Arwana. Pasalnya, dengan mengetahui habitat aslinya maka bisa dijadikan bekal bagaimana perawatan atau pemeliharaan Ikan Arwana yang benar mengingat aquarium atau kolam yang akan dijadikan tempat memelihara bakal sangat berpengaruh pada cepat tau lambat pertumbuhannya. Nah, terkait cara merawat atau memelihara Ikan Arwana, sebenarnya bisa dikatakan cukup mudah dan tak terlalu sulit. Sebab, jenis ikan hias yang satu ini dikenal memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat sehingga tak mudah terserang penyakit. Dengan begitu, tak salah jika banyak di kalangan para penghobi ikan hias memilih Ikan Arwana dari berbagai jenis sebagai salah satu hewan peliharaannya. Lantas, kira-kira bagaimana sih sebenarnya cara merawat Ikan Arwana yang benar?
cara merawat ikan arwana
Cara Merawat Ikan Arwana
Tapi tunggu dulu sob! Sebelum kita lebih jauh membahas bagaimana cara merawat Ikan Arwana yang benar, tentunya bagi kawan-kawan yang memelihara jenis ikan hias ini ingin Ikan Arwana miliknya bisa cepat besar bukan? Bahkan, tak sedikit juga yang ingin warna sisiknya segera muncul. Namun, sayangnya pertumbuhan Arwana tak secepat itu, bahkan warna sisiknya sendiri munculnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi, seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa jika dipelihara di aquarium yang memiliki ukuran terbatas, pastinya akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan si ikan. Tentu saja, hal tersebut membuat para pemiliknya tak sabar bukan? Nah, meskipun demikian, ada beberapa tips yang bisa sobat coba sebagai salah satu panduan dalam merawat atau memelihara Ikan Arwana supaya cepat besar dan memiliki warna sisik yang indah. Mau tahu? Yuk, kita simak bersama ulasan lengkap mengenai cara merawat Ikan Arwana yang akan disajikan pada segmen di bawah ini!

Tips Memelihara Ikan Arwana
Sebagai salah satu ikan hias air tawar yang cukup melegenda, tentunya perawatan maupun pemeliharaan Ikan Arwana ini harus diketahui dan diterapkan dengan benar, meskipun ikan hias ini mudah dipelihara. Pasalnya, jenis ikan hias unik ini memiliki habitat yang berbeda jauh jika dipelihara dalam aquarium. Maka dari itu, berikut beberapa tips yang bisa kawan lakukan agar Ikan Arwana bisa cepat tumbuh besar dan warna pada sisiknya muncul.

1. Sediakan Aquarium Besar atau Kolam Luas yang Ideal
Perlu diingat bahwa hal pertama yang harus kawan perhatikan adalah tempat tinggal, baik berupa kolam maupun aquarium. Pasalnya, ukuran aquarium atau kolam yang luas akan mempercepat pertumbuhan Ikan Arwana. Mengingat bahwa dengan ukuran tempat tinggal yang luas maka gerak ikan pun juga akan lebih leluasa yang secara tak langsung akan berpengaruh pada cepatnya ikan tumbuh besar. Mengapa demikian? Karena, ketika Ikan Arwana memiliki ruang yang luas dalam geraknya maka dipastikan akan mencegah stres berkepanjangan di mana Ikan Arwana yang sobat pelihara bisa tumbuh dengan sehat. Tentu saja ketersediaan tempat tinggal yang luas ini bakal memicu perkembangan ikan.
aquarium arwana
Aquarium Arwana
Nah, terkait dengan ukuran aquarium yang ideal, kawan-kawan bisa menyiapkan aquarium dengan ukuran minimal paling tidak memiliki panjang 75 cm, lebar 45 cm dan tingginya 40 cm. Lebih besar akan lebih baik. Sementara itu, untuk pemeliharaan Ikan Arwana di kolam, sobat bisa menyediakan kolam yang lebih besar dari ukuran minimal aquarium. Di sisi lain, untuk menunjang keindahan pada aquarium, kawan-kawan bisa menambah kesan alami dalam aquarium dengan menambah batu kerikil hitam saja dan background polos. Hindari penggunaan tumbuhan mengingat justru akan mempersempit gerak ikan. Namun, jika luas aquarium mencukupi, sobat bisa menambah beberapa tanaman hias sehingga aquarium akan mirip dengan habitat asli Ikan Arwana.

2. Pilih Filter Air yang Bagus dengan Daya Serap Tinggi
Salah satu hal pokok dalam panduan cara merawat Ikan Arwana yakni harus ada filter air. Sebab, filter memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kualitas air di mana kotoran bisa diserap dan disaring melalui mesin penyedot (filter). Dengan demikian maka kebersihan air aquarium akan tetap terjaga. Nah, untuk pemilihan filter aquarium, bisa dipilih filter yang memiliki daya serap air tinggi, misalnya saja untuk aquarium 75 x 45 x 40, bisa menggunakan mesin filter berkekuatan 800 - 1200 liter per jam. Lebih besar akan lebih baik.
filter aquarium
Filter Aquarium
Demikian halnya pemeliharaan pada kolam, kawan-kawan juga harus siap sedia filter air khusus untuk kolam. Biasanya, menggunakan jenis filter canister di mana proses filterisasi pada canister ini akan lebih maksimal. Namun, harganya relatif mahal. Oleh sebab itu, sobat bisa berkreasi dengan membuat filter sendiri tanpa mengeluarkan banyak biaya. Intinya, ketika akan memelihara Ikan Arwana, filter air baik untuk aquarium maupun kolam harus siap sedia agar kualitas dan kejernihan air tetap terjaga.

3. Gunakan Pakan Alami yang Bervariasi
Selanjutnya, pemberian pakan alami merupakan salah satu cara merawat Ikan Arwana. Pemberian pakan pada Ikan Arwana akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan si ikan itu sendiri. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memberinya pakan alami. Nah, terkait dengan pakan, sobat bisa memberinya bermacam-macam pakan, seperti jangkrik, ulat jerman (super worm), udang, cacing, ulat hongkong atau kelabang. Dari beberapa pakan tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri.
pakan ikan arwana
Pakan Ikan Arwana (Jangkrik)
Untuk pakan Ikan Arwana sehari-hari, sobat bisa memberi jangkrik dengan jumlah 4 jangkrik 3 kali sehari, khusus Arwana dewasa. Sedangkan, untuk anakan yang berukuran di bawah 15 cm bisa diberikan cacing sutera atau cacing beku. Pakan jangkrik ini sangat berfungsi untuk memicu pertumbuhan fisik dan warna sisik. Tetapi, perlu diingat bahwa dalam memberikan pakan jangkrik ini, usahakan kaki-kaki loncat yang berduri dicabut supaya tidak melukai mulut dari si Ikan Arwana itu sendiri. Nah, untuk lebih maksimal lagi, kawan-kawan bisa memberinya cacing jerman atau super worm yang mampu memicu pertumbuhan fisik Ikan Arwana lebih cepat mengingat kandungan proteinnya. Sementara, untuk menunjang warna sisik ikan, maka kawan bisa memberinya kelabang. Yang jelas, pemberian pakan secara rutin dan teratur akan memberikan dampak positif bagi Ikan Arwana.

4. Ganti Air Aquarium atau Kolam Secara Rutin dan Berikan Suplai Oksigen
Penggantian air dalam aquarium atau kolam juga harus dilakukan secara rutin mengingat aktivitas ini juga merupakan salah satu cara merawat Ikan Arwana agar sehat dan cepat besar. Pasalnya, meski sudah memakai filter untuk menyaring kotoran namun secara tak langsung zat-zat beracun pada air akan mengganggu pertumbuhan si ikan jika tak segera diganti. Nah, untuk waktu penggantian air aquarium atau kolam ini bisa dilakukan secara kondisional, sebulan sekali atau dua bulan sekali. Tergantung dengan kualitas dan kejernihan air.
penggantian air aquarium
Penggantian Air Aquarium
Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan air pump yang dijual di toko-toko ikan hias. Penggunaan air pump ini akan sangat berpengaruh pada suplai oksigen mengingat kadar oksigen yang banyak akan membuat si ikan nyaman dan terhindar dari stres. Meskipun demikian, hal ini tak terlalu mendasar mengingat sudah ada filter yang mampu menyuplai oksigen lewat sirkulasi air. Akan tetapi, jika langkah pada perawatan Ikan Arwana ini dilakukan maka pertumbuhan si ikan akan lebih cepat.

5. Gunakan Lampu Penerangan (Ultra Violet)
Menginjak segmen terakhir, salah satu panduan dari cara merawat ikan Arwana yakni dengan memasang lampu. Sebaiknya, gunakan lampu UV yang biasa dijual di toko ikan hias. Hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu upaya dalam memicu munculnya warna sisik pada Ikan Arwana mengingat pancaran sinar ultra violet dari lampu UV tersebut sangat mampu merangsang pertumbuhan maupun warna sisik pada ikan.
lampu uv aquarium
Lampu UV Aquarium
Setelah kita tahu beberapa tips dalam memelihara Ikan Arwana di atas, tentunya sobat bisa mempersiapkan di awal sebelum membeli Ikan Arwana. Selain itu, hal terpenting yaitu bahwa pastikan ukuran aquarium atau kolamnya luas dan jangan lupa untuk selalu memberikan pakan secara rutin. Dalam hal ini, untuk pemberian pakan sehari-hari sobat bisa memberi jangkrik.
tips memelihara ikan arwana
Tips Memelihara Ikan Arwana
Dengan informasi mengenai ragam cara merawat Ikan Arwana yang telah dijelaskan di atas, tentu bisa kawan jadikan sebagai salah satu langkah praktis sebagai upaya untuk mempercepat pertumbuhan ikan agar cepat besar. Bahkan, jika beberapa langkah di atas dilakukan dengan benar, terutama pemberian pakan dan penjagaan kualitas air maka dipastikan warna sisik ikan bakal muncul lebih cepat. Demikian ulasan dari Mag Fish terkait cara merawat Ikan Arwana yang benar agar bisa tumbuh besar dan memiliki warna sisik yang indah. Semoga bisa bermanfaat bagi para pecinta ikan hias. Sampai jumpa dan jangan lupa baca juga Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Harganya.

Cara Merawat Ikan Arwana Agar Cepat Besar dan Warna Sisiknya Muncul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment