13 July 2017

Pakan Ikan Koi Terbaik Agar Cepat Besar dan Warnanya Cerah

Buat sobat pecinta ikan Koi, pada kesempatan kali ini Mag Fish akan berbagi informasi mengenai beberapa jenis pakan ikan koi terbaik yang bagus untuk pertumbuhan serta mampu mencerahkan warna.
Memang, pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan kecerahan warna pada ikan Koi sangat dipengaruhi oleh pakan yang diberikan. Oleh sebab itu maka sudah sepantasnya bagi teman-teman pecinta ikan Koi setidaknya harus tahu makanan ikan Koi yang bisa diberikan untuk memicu pertumbuhannya. Nah, terkait hal tersebut, tentu saja sebagian dari teman-teman sudah mengusahakan berbagai cara, seperti memberikan pakan terbaik serta diberi asupan vitamin supaya ikan Koi peliharaannya cepat besar dan memiliki corak warna yang indah. Namun, yang jadi masalah terkadang justru usaha yang sudah diupayakan tak memberikan hasil yang signifikan. Dengan begitu maka kunjungan kawan-kawan ke situs Mag Fish ini sangat tepat mengingat kita akan bersama-sama mencari solusi terbaik, yaitu dengan mengulas berbagai jenis pakan ikan Koi terbaik yang sangat efektif guna menunjang pertumbuhan dan corak warna tubuhnya.
pakan koi terbaik
Pakan Koi Terbaik
Nah, sebelum kita jauh membahas mengenai pakan ikan Koi terbaik, perlu untuk kawan ketahui bahwa jenis ikan hias asal Negeri Sakura ini merupakan tipe ikan Omnivora. Di mana, makanannya terdiri dari berbagai hewan kecil/ikan kecil dan sayur-sayuran atau tumbuh-tumbuhan serta pelet. Namun, ikan Koi dikenal lebih suka memakan makanan alami daripada pakan buatan dengan berbagai merk pakan ikan Koi yang banyak dijual di toko ikan hias, seperti pelet meskipun pelet tersebut dibuat dengan ragam kandungan nutrisi yang mencukupi. Nah, hal ini yang terkadang tak disadari. Dengan alasan tersebut, pastinya pakan ikan Koi terbaik yaitu jenis makanan alami. Namun, tak semua yang ada di alam itu juga baik untuk pakan ikan Koi. Oleh karena alasan tersebut, sobat harus tahu beberapa jenis makanan ikan Koi yang baik dan bagus untuk memicu pertumbuhan dan perkembangan warna secara signifikan. Berkaitan dengan hal tersebut, tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama ulasan kali ini yang akan mengulas pakan ikan Koi terbaik.

Jenis Makanan Ikan Koi untuk Pertumbuhan dan Kecerahan Warna
Berbagai jenis pakan ikan Koi terbaik yang bagus untuk pertumbuhan maupun warna, terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu pakan alami yang bisa berupa hewan kecil atau ikan kecil dan tumbuhan/sayuran. Sedangkan di sisi lain, yaitu pakan buatan seperti pelet serta makanan Koi hasil olahan sendiri. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut Mag Fish akan jelaskan secara lebih terperinci.

1. Pakan Alami Ikan Koi
Pakan alami untuk ikan Koi memang merupakan salah satu jenis pakan ikan Koi terbaik yang bisa sobat pilih. Pasalnya, dengan makanan alami yang bisa berupa hewan kecil atau tumbuh-tumbuhan akan membuat ikan Koi sehat dan cepat besar. Beberapa jenis pakan alami terbaik untuk ikan Koi juga bisa diberikan untuk menunjang pertumbuhannya agar cepat besar dan memiliki warna yang cerah.

Terkait dengan jenis makanan ikan Koi, makanan yang bisa diberikan dalam bentuk pakan alami ini bisa berupa hewan kecil, seperti udang, ikan kecil, cacing tanah atau ulat jerman, bekicot, kerang jangkrik dan berbagai macam jenis serangga. Beberapa hewan kecil tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga protein tersebut akan cepat memicu pertumbuhan ikan Koi supaya menjadi besar.
jangkrik untuk pakan ikan koi alami
Jangkrik untuk Pakan Ikan Koi Alami
Nah di sisi lain, untuk jenis pakan sayuran yang bisa diberikan yakni sawi, kubis, kangkung, wortel, semangka, kacang polong dan sayuran sejenis. Beberapa pakan alami ini dinilai sangat efektif dalam memicu perkembangan warna ikan Koi maupun pertumbuhannya supaya cepat besar. Tentu, oakan ikan Koi terbaik yang alami ini bisa menjadi alternatif bagi para pecinta ikan Koi mengingat tak ada efek samping yang begitu berarti bagi pertumbuhan si ikan Koi tersebut

2. Pakan Ikan Koi Berupa Pelet
Selain dari bahan alami, pakan ikan Koi terbaik yang bisa diberikan yaitu dari jenis pelet atau pakan buatan. Beberapa jenis makanan untuk ikan Koi dari kategori pakan pelet ini memang dikenal memiliki keunggulan tersendiri mengingat kandungan nutrisi maupun vitamin yang dibutuhkan oleh ikan Koi semuanya ada dalam pakan berupa pelet. Bahkan, jenis pakan ini dinilai cukup praktis karena bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan pakan alami.

Nah, untuk jenis pelet ikan Koi pun juga bermacam-macam, ada pelet lokal dan pelet import. Untuk pelet lokal, sobat bisa memilih berbagai merk pakan ikan Koi, yaitu jenis pakan cp koi, sankoi, super save, hokky&kinkoi, dan lainnya. Sementara itu di sisi lain, untuk jenis pelet import, ada beberapa jenis yang memang diimport dari luar negeri. Beberapa di antaranya itu, hikari, nozomi, mizuho, saki hikari, konishi, CKK, FD, kenkokanri, yamato, evolution, shori, fuyufuji, fujizakura, daiici, aquamaster, sugiyama, LC, dan lain-lain. Beberapa jenis pakan buatan pelet tersebut sudah dilengkapi dengan kandungan nutrisi maupun vitamin yang cukup baik untuk menunjang pertumbuhan ikan Koi maupun mencerahkan corak warnanya. Bahkan, pakan pelet ini bisa dibeli di toko ikan hias.
pelet ikan koi
Pelet Ikan Koi
Namun, dalam memberikan pakan pelet ini, hendaknya harus diperhatikan takarannya. Mengingat dimungkinkan ada kandungan kimia pada pakan pelet yang diberikan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk sesekali dalam seminggu memberikan pakan alami untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada ikan Koi.

3. Pakan Ikan Koi Buatan Sendiri
Nah, pakan ikan Koi terbaik yang bisa diberikan yakni dengan membuat makan ikan Koi sendiri. Cara membuatnya cukup mudah. Untuk mengetahui bahan-bahan dan cara membuatnya, simak langkah-langkah di bawah ini :
  • Siapakan udang kecil ½ Kg atau sesuai dengan banyaknya ikan Koi. Bersihkan dahulu udang tersebut.
  • Jika sudah, campurlah udang tersebut dengan beberapa bahan alami lain, seperti telur, wortel, agar-agar bubuk, dan sedikit sayuran.
  • Selanjutnya, tambahkan air bersih dan blender campuran tersebut hingga membentuk adonan halus.
  • Selain itu, guna memberikan aroma pelet ikan, sobat bisa mencampurkan sedikit pelet yang sebelumnya sudah direndam dengan air panas. Lalu campurkan ke adonan blender udang tadi. Perlu diketahui, penambahan aroma pelet ini opsional saja.
  • Setelah adonan tercampur maka diamkan sejenak sampai dingin lalu masukan dalam kulkas.
  • Menginjak pada tahapan selanjutnya, potong kecil-kecil adonan yang sudah dingin tadi. Sampai di sini, sobat kemudian bisa memberikannya kepada ikan Koi.
Pada jenis pakan ikan Koi buatan sendiri ini dinilai sangat baik guna menunjang pertumbuhan si ikan. Bahkan, dengan membuat pakan sendiri, setidaknya bisa menghemat biaya mengingat selain caranya mudah, bahan-bahan yang digunakan pun juga relatif mudah didapat serta murah.

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar
Dari jenis pakan ikan Koi yang disebutkan di atas, tentunya ada beberapa jenis makanan ikan Koi khusus yang bisa menunjang pertumbuhan agar cepat besar. Umumnya, jenis makanan ikan Koi yang berguna menunjang proses pertumbuhannya agar cepat besar biasanya mengandung zat berupa probiotik dan protein tinggi. Beberapa di antaranya yakni cacing tanah, ulat jerman atau ulat sutera, ikan kecil, udang, kepiting, dan jangkrik. Nah, bagi sobat yang ingin memperbesar ikan Koi maka beberapa jenis pakan tersebut bisa diberikan secara rutin dengan takaran yang pas, yakni sehari dua kali dengan jumlah pakan 3-4 ekor dari pakan hewan tersebut.

Jenis Pakan Ikan Koi untuk Mencerahkan Warna
Di samping untuk pertumbuhan, tentunya kawan-kawan juga harus tahu beberapa jenis pakan ikan Koi yang bisa memicu pada perkembangan warna yang lebih cerah. Terkait dengan pakan Koi terbaik untuk warna adalah jenis pakan yang memiliki banyak kandungan zat karoten. Pakan ikan Koi yang mengandung zat karoten ini yaitu wortel, alga, kelabang, ganggang spirulina, chlorella, semangka, sawi, kubis, cabai hijau, kepiting, udang-udangan, krill, trout, ikan salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, cacing darah, dan lain-lain. Dari sekian banyak jenis pakan pencerah warna pada ikan Koi tersebut, yang terbaik dan mudah didapatkan yakni wortel, kelabang dan udang. Maka, ketiga pakan tersebut bisa diberikan guna memenuhi kebutuhan nutrisi pada pigmen warna kulitnya.
pemberian pakan pada ikan koi
Pemberian Pakan pada Ikan Koi
Jenis pakan ikan Koi terbaik yang telah Mag Fish sampaikan di atas kiranya bisa dicoba untuk diberikan pada ikan Koi kesayangan. Pasalnya, mulai dari jenis pakan alami, pakan buatan pelet hingga buatan sendiri memiliki kelebihan nutrisi maupun vitamin yang berbeda sehingga akan sangat baik jika dikombinasikan. Sampai di sini dulu ya kawan penjelasan dari Mag Fish. Tentu, dengan adanya informasi mengenai jenis pakan ikan Koi terbaik di atas, diharapkan bisa semakin menambah pengetahuan untuk kawan-kawan semua dalam memelihara ikan Koi. Sekian dan sampai jumpa.

Pakan Ikan Koi Terbaik Agar Cepat Besar dan Warnanya Cerah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment