04 June 2017

Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Harganya

Bagi sebagian penghobi ikan hias, tentu saja tak asing dengan yang namanya ikan Arwana.
Ya, ikan hias yang cukup legendaris ini memang menjadi salah satu jenis ikan hias yang cukup banyak digemari oleh kalangan masyarakat kita. Wajar saja mengingat jenis ikan hias yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang sangat unik dan berbeda dari ikan hias lainnya. Pasalnya, Ikan Arwana memiliki ciri postur tubuh memanjang dan ramping layaknya pisau dengan sisik cantik yang menyerupai seperti sisik naga. Maka, tak heran jika jenis ini banyak yang menyebutnya dengan sebutan ikan naga. Tak hanya itu saja, Ikan Arwana pun juga ada beberapa jenis yang memiliki warna menarik dan menawan sehingga semakin membuatnya tampil sebagai ikan elegan. Di sisi lain, ikan hias yang satu ini juga umumnya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Mulai dari ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah. Tentu saja, setiap jenis memiliki harga yang berbeda. Lalu, kira-kira apa saja sih jenis-jenis Ikan Arwana itu?
jenis ikan arwana
Jenis Ikan Arwana
Sebelum kita tahu jenis-jenis Ikan Arwana, perlu untuk sobat ketahui bahwa tipe ikan hias yang satu ini merupakan ikan hias air tawar dengan habitat hidup di rawa-rawa. Penyebarannya kebanyakan di daerah tropis, seperti di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Beberapa jenis-jenis Ikan Arwana tersebut antara lain seperti Arwana Super Red, Arwana Crossback Golden, Arwana Red Tail Golden (Golden Red) dan masih banyak lagi. Bahkan, setiap jenisnya pun memiliki harga yang sangat mahal. Sehingga, tak heran jika banyak juga dari kalangan para penghobi ikan hias yang menjadikan Ikan Arwana ini sebagai salah satu label gengsi. Selain itu, sebagai salah satu hewan bernilai tinggi maka Ikan Arwana termasuk dalam kategori jenis hewan yang dilindungi pemerintah sehingga umumnya ikan ini memiliki sertifikat dan chip nomor resmi yang dimasukkan dalam sisiknya ketika sudah berumur dewasa. Nah, bagi sobat yang mungkin masih awam, kali ini Mag Fish akan berbagi informasi lengkap mengenai jenis-jenis Ikan Arwana dan harganya yang akan disajikan pada segmen-segmen berikut. Yuk, kita simak ulasannya!

7 Jenis Ikan Arwana Terpopuler
1. Arwana Super Red
Ikan hias yang satu merupakan jenis Ikan Arwana yang paling mahal. Pasalnya, selain memiliki bentuk tubuh yang unik, jenis Ikan Arwana Super Red ini juga memiliki warna merah menyala yang sangat menawan pada sisiknya. Maka, tak heran jika tipe yang satu ini cukup banyak diburu oleh kalangan pecinta ikan hias kelas atas. Nah, untuk Ikan Arwana Super Red sendiri umumnya tersebar di kawasan Kalimantan Barat, seperti di Danau Sentarum maupun Sungai Kapuas.
arwna super red
Arwana Super Red
Di sisi lain, Ikan Arwana Super Red juga diketahui memiliki beberapa jenis warna berbeda, antara lain merah emas, merah cabe (Chili Red), merah darah (Blood Red), dan merah orange (Orange Red). Namun, umumnya dalam perkembangannya sendiri, Ikan Arwana Super Red ini lebih cenderung mengarah ke warna merah darah (Blood Red) atau merah cabe (Chili Red). Di samping itu, pertumbuhan ikan ini umumnya bisa mencapai 30-40 cm di mana untuk warna merah biasanya akan mulai muncul ketika menginjak ukuran 25 cm lebih atau sekitar 2 tahun. Terkait dengan harga, Ikan Arwana Super Red ini biasanya dibanderol antara Rp 4 juta – 6 juta untuk ukuran 15 cm. Sedangkan, untuk ukuran menginjak awal dewasa yang berukuran 25 cm lebih, harganya berkisar di angka Rp 9 jutaan. Bahkan, untuk ukuran yang lebih besar, bisa dibanderol hingga puluhan juta rupiah. Sangat mahal bukan?

2. Arwana Cross Back Golden
Selanjutnya, salah satu jenis yang cukup banyak diminati dan harganya mahal yakni jenis Arwana Cross Black Golden atau biasa disebut juga dengan X Black Golden. Tipe yang satu ini berasal dari Negeri Jiran Malaysia di mana juga masih dalam satu keluarga Arwana Golden. Menariknya, ring yang muncul pada tubuh dari jenis Arwana ini akan merata hingga bagian punggung. Sehingga, tak heran jika Arwana Crossback Golden ini juga menjadi salah satu jenis yang umumnya dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.
arwana crossback
Arwana Crossback
Di sisi lain, untuk warnanya sendiri juga cukup unik. Umumnya, jenis Arwana Crossback Golden ini memiliki banyak warna, antara lain seperti Blue Base, Purple Base, Silver Base, dan yang terakhir Gold Base. Nah, jika dibandingkan dengan beberapa jenis Arwana yang lain, tampaknya Arwana Crosback Golden ini diklaim memiliki tipe ring yang paling cerah. Sehingga, tak heran apabila tipe ini menjadi pilihan bagi para pecinta Arwana. Nah, untuk harga Arwana Crossback Golden sendiri pun biasanya dipengaruhi oleh warna dasarnya dan ukuran tubuh. Biasanya, harganya mencapai Rp 4 juta sampai 7 juta untuk ukuran pada kisaran 15 cm. Sementara itu, untuk ukuran lebih dari 30 cm biasa dijual sampai belasan bahkan puluhan juta. Untuk warna dan ring sisik biasanya akan muncul ketika menginjak usia 2 tahun.

3. Arwana Red Tail Golden (Golden Red)
Satu lagi dari jenis golden yakni Arwana Red Tail Golden atau disebut juga dengan Golden Red. Jenis Arwana yang masih satu keluarga dengan Crossback ini berasal dari Indonesia yang persebarannya berada di kawasan Pekanbaru Sumatera. Bedanya, jenis Arwana yang satu ini dinilai lebih agresif jika dibandingkan dengan Crossback Golden meski masih dalam satu rumpun. Selain itu, perbedaan dengan Crossback Golden juga terletak pada warna sisiknya di mana untuk jenis ini ring sisik tidak sampai pada punggungnya namun pada bagian samping badannya saja. Nah, untuk harga jenis Arwana Red Tail Golden (Golden Red) ini lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis Super Red dan Crossback Golden.
arwana golden red
Arwana Golden Red
Sementara itu, jenis Arwana Golden Red ini juga memiliki warna dasar, seperti Blue Base, Green Base, dan Gold Base. Yang cukup mencolok dari ikan ini yakni pada warna merah pada ekor dan sirip bawah. Maka, peminat jenis ikan Arwana ini pun juga cukup tinggi. Selain itu, pertumbuhannya juga diklaim lebih cepat. Pasalnya, dalam waktu satu tahun saja, warna ring pada sisiknya dan warna merah di ekornya saja sudah mulai muncul. Di sisi lain, untuk harga Arwana Red Tail Golden atau Golden Red sendiri berkisar antara Rp 1 juta hingga 3 jutaan untuk ukuran 15 cm. Namun, untuk ukuran 25 cm ke atas, biasanya dibanderol dengan harga Rp 5 juta sampai 9 jutaan, tergantung dari jenis warna dasar dan ukurannya.

4.  Arwana Red Banjar
Untuk jenis berikutnya yaitu Arwana Red Banjar. Sesuai dengan namanya, jenis ikan Arwana yang satu ini berasal dari daerah Banjarmasin, Kalimantan. Bentuk dari ikan ini pun juga sedikit berbeda dari jenis yang lain di mana Arwana Red Banjar ini memiliki bentuk kepala yang cenderung berbentuk bulat menyatu dengan mulut. Di sisi lain, jika dibandingkan dengan beberapa jenis Arwana yang lain, tip Arwana Red Banjar ini memiliki harga yang relatif lebih murah. Maka, bagi para pemula yang ingin mulai memelihara ikan Arwana, tampaknya jenis Banjar Red ini cocok untuk dipelihara.
arwana red banjar
Arwana Red Banjar
Ciri-ciri yang cukup mencolok dari ikan jenis ini yakni pada warna siripnya yang berwarna orange pucat dan memiliki warna ekor orange kekuningan. Memang, jika kita melihat secara sekilas, jenis Arwana Red Banjar ini memiliki kemiripan dengan jenis Super Red muda. Di samping itu, harga Arwana Red Banjar ini terbilang cukup terjangkau. Pasalnya, harganya hanya berkisar antara ratusan ribu hingga 1 jutaan saja.

5. Arwana Golden Pino (Green Arwana)
Selain itu, ada juga jenis Arwana Golden Pino (Green Arwana) atau biasa disebut juga dengan Arwana Hijau. Penyebaran ikan Arwana yang satu ini berada di daerah kawasan Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. Umumnya, jenis ini banyak dijumpai di Kalimantan, Malaysia, Thailand, dan Kamboja. Jika dilihat sekilas, memang untuk tipe atau jenis Arwana Golden Pino ini tak semenarik Super Red atau Crossback maupun Red Tail Golden. Namun, bukan berarti Arwana yang satu ini tak memiliki daya tarik.
arwana golden pino
Arwana Golden Pino/Green Arwana
Pasalnya, Arwana Hijau atau Golden Pino ini memiliki ciri-ciri yang cukup mencolok dan berbeda dari jenis lain. Di mana, memiliki warna tubuh yang didominasi warna semi hijau keperak-perakan. Sementara itu, untuk sirip ekornya berwarna abu-abu semu hijau dan memiliki bentuk kepala maupun mulut yang membulat dengan ukuran yang lebih besar. Meskipun tak memiliki ring, tetapi dengan warna dasarnya yang berwarna semu hijau tersebut tampaknya sudah cukup menarik. Di sisi lain, untuk harga Arwana Golden Pino sendiri akan dibanderol pada kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribuan. Sangat terjangkau bukan? Maka, cocok buat kawan-kawan yang ingin memulai hobi memelihara ikan Arwana.

6. Arwana Silver
Jenis Arwana Silver memang menjadi salah satu jenis yang paling banyak dan sering kita jumpai. Pasalnya, ikan jenis ini mudah ditemukan di toko ikan hias dan harganya pun relatif terjangkau. Namun, meski tak semahal jenis lain, Arwana Silver yang berasal dari Brazil ini memiliki bentuk tubuh yang cukup menarik dan khas. Bahkan, bisa dikatakan berbeda dengan jenis Arwana yang lain. Sehingga, tak mengherankan jika Arwana asal Brazil ini cukup digemari oleh banyak orang juga.
arwana silver
Arwana Silver
Sementara itu di sisi lain, jika melihat sepintas memang Arwana Silver ini memiliki bentuk tubuh panjang dan sirip yang memanjang, dari bagian perut hingga sampai pada ujung ekornya. Sehingga, ketika ikan ini berenang menjadi terlihat sangat anggun layaknya pisau. Warna sisiknya pun berwarna silver dengan sisik yang tampak jelas. Selain itu, jenis Arwana Silver ini bisa tumbuh hingga 60 cm. Tak hanya itu saja, harga Arwana Silver ini pun juga dibanderol dengan nominal yang cukup terjangkau, yakni berada di kisaran ratusan ribu saja.

7. Arwana Jardini
Yang terakhir, salah satu jenis yang terpopuler yaitu Arwana Jardini. Tipe yang juga disebut sebagai Arwana Irian ini berasal dari Papua dan tersebar di kawasan Merauke. Perlu untuk diketahui bahwa Ikan Arwana Jardini secara umum memiliki dua jenis warna, yakni warna dasar yang lebih gelap dan yang lebih terang. Biasanya, jenis ikan Arwana Jardini asal Papua ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari ratusan ribu hingga 1 jutaan saja, tak berbeda dengan jenis Golden Pino.
arwana jardini
Arwana Jardini
Di samping itu, jika menelisik ciri-cirinya secara mendalam, Arwana Jardini selain memiliki warna dasaran gelap atau terang, jenis ini juga memiliki warna sekunder kecoklatan dan bintik-bintik semu keemasan. Biasanya, warna sekunder ini muncul di bagian tengah sisik, kepala maupun ekor dan siripnya. Sedangkan untuk harga dari Awana Jardini sendiri, berada pada kisaran antara Rp 200 ribuan sampai Rp 1 jutaan. Tentu saja, selain jenis Silver, dengan melihat harganya tersebut maka Arwana Jardini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif bagi para pemula.

Melihat 7 jenis Ikan Arwana paling populer di Indonesia tersebut, tampaknya sobat bisa memilih salah satu dari ketujuh jenis tersebut. Mulai dari Super Red dan Crossback sebagai jenis termahal sampai pada Arwana Brazil dan Jardini yang harganya paling terjangkau. Tentu saja, dengan ragam varian jenis Ikan Arwana tersebut sobat bisa menyesuaikan budget yang dimiliki sebelum membeli. Namun, bagi kawan-kawan yang masih pemula, sangat disarankan untuk memelihara jenis Arwana Brazil atau Golden Pino maupun Jardini mengingat harganya relatif lebih terjangkau. Namun, bagi sobat yang sudah terbiasa merawat atau memelihara Ikan Arwana dan ditunjang budget mencukupi maka beberapa jenis yang harganya mahal seperti Super Red maupun Crossback bisa menjadi pilihan.
kumpulan jenis ikan arwana
Kumpulan Jenis Ikan Arwana
Itulah Jenis-Jenis Ikan Arwana dan harganya. Semoga, informasi yang telah Mag Fish sampaikan di atas bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi sobat yang ingin mencari tahu tentang jenis Arwana maupun harganya. Sampai di sini dulu ya sob dan sampai jumpa. Baca juga cara merawat ikan arwana agar cepat besar dan warna sisiknya muncul.

Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Harganya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment