10 July 2017

Cara Membuat CO2 untuk Aquascape Buatan Sendiri

Cara membuat CO2 untuk aquascape, tampaknya bisa menjadi salah satu alternatif guna menunjang pertumbuhan tanaman air dalam aquarium.
Pasalnya, dengan membuat gas CO2 sendiri, tentu dipastikan akan lebih menghemat biaya daripada membeli tabung reaktor CO2 yang tersedia di toko aquarium atau di toko penjualan aquascape yang memiliki harga lebih mahal. Maka dari itu, tak salah jika dalam memenuhi kebutuhan karbondioksida untuk tanaman air ini, sobat tak perlu membeli reaktor namun cukup dengan menerapkan cara membuat CO2 dengan mudah dan tentunya murah meriah. Sehingga, kawan-kawan yang belum mampu membeli tabung reaktor CO2 pun bisa membuat gas CO2 sendiri. Lalu, kira-kira bagaimana sih cara membuat CO2 itu? Sudah tak sabar ya kawan?
co2 untuk aquascape
CO2 untuk Aquascape
Sebelum jauh menginjak ulasan mengenai bagaimana cara membuat CO2, ada beberapa hal yang perlu untuk sobat ketahui. Sebenarnya, ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan tanaman akan gas karbondioksida ini. Beberapa di antaranya yakni pertama dengan mengandalkan sistem tabung CO2 bertekanan di mana metode ini memanfaatkan tabung yang terbuat dari bahan logam. Kemudian, metode yang ke dua yakni dengan menggunakan CO2 tablet. Nah, untuk cara yang ketiga yaitu dengan menerapkan cara membuat reaktor CO2 secara mandiri. Umumnya, metode yang ke tiga ini tak jarang digunakan oleh para scaper untuk memenuhi kebutuhan tanaman air akan CO2 atau karbondioksida. Selain itu, penerapan langkah ini terbilang cukup mudah dan tak membutuhkan banyak biaya. Sehingga, tak heran jika cara membuat CO2 untuk aquascape sederhana buatan sendiri ini menjadi salah satu langkah alternatif yang banyak digunakan oleh para scaper. Nah, untuk mengetahui secara lebih lengkap bagaimana caranya, simak saja penjelasannya yang akan Mag Fish sajikan pada rangkaian segmen di bawah ini!

Cara Membuat Gas CO2 pada Aquascape
Di langkah awal dalam membuat gas CO2 untuk aquascape ini, pertama-tama kawan-kawan harus mempersiapkan alat dan bahan membuat aquascape. Beberapa di antaranya yaitu :

1. Alat dan Bahan Membuat Aquascape
  • Alat pertama yang perlu dipersiapkan yaitu satu buah botol bekas berkapasitas 1,5 liter atau 1 liter. Akan lebih baik menggunakan botol bekas minuman bersoda, seperti Sprite atau Coca Cola.
  • Kemudian, siapkan satu botol bekas lagi dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu 250 ml.
  • Lalu, siapkan juga lem silicon yang bisa dibeli di toko bangunan.
  • Selang yang biasa digunakan untuk aerator aquarium secukupnya.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan gunting atau obeng dan solder yang nantinya digunakan untuk melubangi tutup botol.
  • Selanjutnya, menginjak pada persiapan bahan, siapkan gula pasir sebanyak 250 gr.
  • Selain itu, bahan yang diperlukan yaitu ragi instan 1 sendok the. Untuk ragi, bisa menggunakan merk Fermipan yang bisa kawan beli di toko penjual roti dan kue.
  • Diffuser atau Bubble Counter (opsional).
  • Terakhir, siapkan juga bubuk agar-agar merk Swallow ½ sendok teh dan backing powder ½ sendok teh juga.
2. Langkah-Langkah Membuat Aquascape
Di awal langkah ini, hal pertama yang harus sobat lakukan yakni membuat tabung gas CO2 terlebih dahulu. Untuk caranya, simak langkah-langkah di bawah ini:
proses fermentasi gas co2 aquascape
Proses Fermentasi Gas CO2 Aquascape
  • Pertama, tutup botol bekas 1,5 liter yang sudah dipersiapkan tadi dilubangi dengan satu lubang saja. Untuk melubangi tutup botol tersebut, sobat bisa menggunakan gunting atau obeng yang sebelumnya telah dipanaskan menggunakan solder. Jangan lupa, pastikan bahw ukuran lubang tersebut sama dengan ukuran selang silikon supaya selangnya bisa masuk.
  • Kemudian, buat dua lubang tutup botol 250 ml menggunakan gunting atau obeng yang sudah dipanaskan tadi. Pastikan juga ukuran lubang sama dengan diameter lubang selang silikon.
  • Jika sudah, masukan selang silikon tadi pada lubang dari tutup botol 1,5 liter. Ingat, ketika memasukkan selang ke dalam tutup botol ini, usahakan jangan terlalu dalam.
  • Nah, menginjak pada tahapan selanjutnya, pada ujung selang dari botol 1,5 liter ini dihubungkan ke botol 250 ml sampai pada dasar botol.
  • Selanjutnya, siapkan satu selang silikon lagi dan masukan selang pada tutup botol 250 ml di lubang yang berbeda. Ingat, jangan memasukkan selangnya terlalu dalam.
  • Apabila selang sudah terpasang maka lekatkan tiap selang yang masuk pada lubang botol tersebut menggunakan lem silikon yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tunggu sampai lem mengering. Pada tahapan ini, cek dan pastikan tak ada lobang atau celah sedikit pun di sekitar lubang tutup botol. Hal ini sebagai upaya supaya nantinya gas CO2 tidak bocor dan tercampur dengan udara yang ada di luar botol.
Nah, jika botol gas CO2 untuk aquascape ini sudah jadi maka selanjutnya yaitu menginjak pada tahapan membuat larutan gas CO2 dari bahan-bahan yang sudah dipersiapkan tadi. Berikut tahapan-tahapannya :
  • Pertama, masukan seluruh bahan-bahan untuk membuat CO2 tadi ke dalam botol 1,5 liter, seperti ragi, gula pasir, bubuk agar-agar, dan backing powder. Perlu diketahui juga bahwa dalam komposisi pembuatan gas CO2 ini semakin banyak gulanya maka larutannya bisa bertahan lama sehingga membuat gas CO2 bertahan lama hanya saja karbondioksida yang dikeluarkan kapasitasnya lebih sedikit. Sementara itu, sebaliknya bahwa jika ragi yang dilarutkan takarannya lebih banyak maka kandungan gas CO2 lebih besar namun justru boros dan membuatnya cepat habis.
  • Jika sudah, isilah botol tersebut dengan menggunakan air panas sebanyak 800 ml saja lalu aduk hingga rata (jangan dikocok). Perlu diingat, air yang dimasukkan jangan terlalu panas supaya tak merusak bahan plastik pada botol.
  • Apabila bahan-bahan tersebut dirasa sudah tercampur dan larut jangan langsung ditutup. Namun, tunggu sebentar dengan posisi botol tak tertutup. Diamkan sampai air menjadi hangat.
  • Nah, selanjutnya, apabila air dalam botol 1,5 liter tersebut hangat, segera tutup botolnya dengan menggunakan tutup utuh yang belum dilubangi sampai rapat. Jika tak ada tutup yang utuh, maka sobat juga bisa menggunakan plastik yang diikat karet.
  • Setelah itu, diamkan selama 24 jam atau semalaman di tempat yang hangat supaya proses fermentasi berjalan maksimal.
  • Kemudian, apabila larutan tadi sudah didiamkan selama 24 jam maka tutuplah botol dengan menggunakan tutup yang sudah dipasangi selang sebelumnya, baik pada botol 1,5 liter maupun botol 250 ml. Tapi, sebelumnya jangan lupa untuk mengisi air biasa pada botol 250 ml.
  • Menginjak tahapan selanjutnya, pasang diffuser pada ujung selang keluaran dari botol 250 ml . Selanjutnya, arahkan selang dari botol 250 ml ke dalam aquarium.

Tak terlalu sulit kan? Perlu diketahui bahwa dengan menerapkan cara membuat CO2 buatan sobat sendiri ini dinilai cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan karbondioksida dari tanaman air. Pasalnya, langkah ini diketahui sanggup menghasilkan gas CO2 dengan kisaran antara 1 – 3 gelembung untuk setiap detiknya yang dinilai sudah memadai guna menunjang proses fotosintesis dan pertumbuhan tanaman air aquascape. Bahkan, tabung CO2 buatan sendiri ini pun diklaim sanggup bertahan antara 10 hari sampai 14 hari. Namun, jika terjadi masalah lain, seperti gelembung CO2 yang dikeluarkan masih dirasa kurang atau sedikit maka yang harus sobat lakukan yakni dengan menambah takaran ragi dan gula pada botol 1,5 liter.

Kelebihan dan Kekurangan Gas CO2 untuk Aquascape Buatan Sendiri
Setelah kita tahu langkah-langkah dalam membuat CO2 untuk aquascape, mulai dari tabung gas CO2 hingga pada instalasinya maka tak salah jika sobat juga mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan gas O2 untuk aquascape buatan sendiri ini. Untuk lebih jelasnya, simak saja uraian Mag Fish di bawah ini :

1. Kelebihan
Salah satu keunggulan atau kelebihan tabung gas CO2 untuk aquascape buatan sendiri ini yakni terasa lebih hemat. Pasalnya, baik alat maupun bahan-bahan membuat gas CO2 aquascape ini dinilai lebih murah. Bahkan, cara maupun langkah-langkahnya pun juga dirasa cukup mudah. Tak hanya itu saja, jika berhasil maka gas CO2 buatan sendiri ini juga diklaim bisa bertahan cukup lama, yakni sekitar 2 minggu.

2. Kekurangan
Selain memiliki keunggulan, tentunya gas CO2 pada aquascape hasil buatan sendiri ini pun juga memiliki kekurangan. Salah satunya terletak pada keamanannya. Di mana, tak menutup kemungkinan tingkat kebocoran pada selang, botol atau tutup botolnya cukup tinggi. Selain itu, gas CO2 buatan sendiri ini juga dinilai justru memicu tumbuhnya bakteri kapang dari proses fermentasi ragi.
hasil gas co2 aquascape buatan sendiri
Hasil Gas CO2 Aquascape Buatan Sendiri
Sampai di sini, tentu saja jika cara membuat CO2 untuk aquascape di atas dilakukan dengan hati-hati dan secara urut maka dijamin akan mampu menghasilkan gas CO2. Maka dari itu, sebelum menerapkan langkah-langkah ini, sangat disarankan untuk memahami satu per satu dari setiap langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Di samping itu, selama proses ini, selalu cek apakah ada kebocoran dan pastikan kandungan CO2 yang dikeluarkan tak habis agar pertumbuhan tanaman air pada aquascape menjadi lebih maksimal. Demikian ulasan lengkap dari Mag Fish mengenai cara membuat CO2 untuk aquascape yang bisa dicoba di rumah. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Sampai jumpa.

Cara Membuat CO2 untuk Aquascape Buatan Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment