30 June 2017

Jenis Tanaman Aquscape yang Cepat Tumbuh dan Mudah Perawatannya

Ketika kawan ingin memulai merancang aquascape, tentu teman-teman ingin tahu, kira-kira apa saja sih jenis tanaman aquascape itu?
Nah, kaitannya dengan tanaman aquascape, kali ini Mag Fish akan berbagi kabar menarik tentang beberapa jenis tanaman air untuk aquascape yang bisa sobat pilih dan cepat tumbuh bahkan perawatannya pun terbilang cukup mudah. Memang, pemilihan tanaman untuk menyusun aquascape ini tak bisa asal pilih begitu saja sehingga sobat perlu untuk mengenal beberapa varietas tanaman air aquascape yang mudah perawatannya serta cepat tumbuh, khususnya bagi yang masih pemula yang ingin memulai merancang aquascape. Selain itu, pemilihan jenis yang tepat dan sesuai dengan kondisi aquarium (luasnya) maka akan membuat tampilannya akan semakin menawan. Apalagi ditambah dengan ragam jenis ikan yang hidup di dalamnya. Lalu, apa saja ya jenis tanaman aquascape terbaik dan mudah tumbuh itu? Semakin tak sabar ya kawan?

jenis tanaman aquascape
Jenis Tanaman Aquascape
Sebelumnya, perlu untuk kawan-kawan pahami dan ketahui terlebih dahulu bahwa dari jenis tanaman aquascape tersebut, ada beberapa tipe tanaman. Lebih jelasnya, tanaman yang akan digunakan untuk menyusun atau membuat aquascape ini bisa dipilih dan diterapkan menurut beberapa kategori, seperti Background plant, Midground Plant, dan Foreground Plant. Sehingga, beberapa varietas kategori tersebut akan memudahkan dalam proses pemilihan tanaman yang bisa disesuaikan dengan selera serta kebutuhan. Lantas, apa saja sih kategori tanaman aquascape itu? Mau tahu lebih lengkap? Nah, oke langsung saja yuk kita simak bersama jenis tanaman aquascape yang mudah tumbuh menurut kategorinya.

Jenis Tanaman Aquascape Terbaik untuk Pemula
Berikut di bawah ini beberapa jenis tanaman aquascape terbaik dan cepat tumbuh serta mudah perawatannya. Beberapa di antaranya yaitu :

1. Tanaman Aquascape Kategori Background Plant
Untuk jenis tanaman aquascape yang satu ini merupakan salah satu varietas tanaman air yang penerapannya berada di bagian belakang pada aquarium. Umumnya, jenis ini memiliki ciri yang bentuknya tinggi atau panjang. Beberapa di antaranya yakni :

a. Jenis Egeria Densa
Untuk jenis yang satu ini dikenal cukup awet dan tahan lama. Biasanya, tanaman aquascape yang bernama Egeria Densa ini diketahui mampu melakukan aktivitas proses oksidasi dalam air dan menyerap beberapa kelebihan nutrisi yang ada pada aquarium. Kelebihan dari tanaman ini yakni lebih mudah pemeliharaannya dan tumbuhnya cepat. Bahkan, harganya pun relatif cukup terjangkau. Sehingga, bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi kawan-kawan yang masih pemula.

egeria densa
Egeria Densa
b. Echinodorus
Kemudian, salah satu jenis tanaman auquascape lainnya yakni Echinodorus atau juga disebut Echinodorus Amazonicus. Jenis yang satu ini memiliki bentuk daun yang cukup panjang dan lebar. Maka, cukup sesuai jika ditempatkan sebagai background pada aquarium. Selain itu, harga Echinodorus pun juga bisa dibilang cukup murah dan mudah ditemukan di toko ikan hias.

echinodorus
Echinodorus
c. Ludwigia Inclinanta
Sedikit berbeda dengan jenis yang lain, varietas tanaman aquascape yang satu ini memiliki warna orange cerah. Akan tetapi, apabila kawan-kawan ingin menjadikan jenis ini maka perhatikan suplai pencahayaan sinar matahari atau lampu UV. Pasalnya, jika suplai sinar UV tak mencukupi maka bisa membuat daunnya yang semu orange ini justru berubah warna menjadi hijau.

Ludwigia Inclinanta

d. Pogostemon Stellatus
Nah, selanjutnya jenis tanaman aquascape yang cukup bagus untuk dijadikan background yaitu Pogostomon Stellatus. Di mana, salah satu ciri khas dari tanaman ini yakni warna daunnya yang memiliki warna semu merah muda atau pink. Selain itu, jenis yang satu ini umumnya digunakan oleh para master scaper bergaya Belanda. Namun, perawatan jenis tanaman ini sedikit sulit mengingat kebutuhan CO2 dan cahaya yang harus selalu tercukupi setiap waktu.

pogostemon stellatus
Pogostemon Stellatus
e. Cabomba Caroliniana
Jenis tanaman aquascape yang satu ini disebut juga dengan Cabomba Hijau. Bentuk daun dan batang dari tanaman ini cukup unik dan menarik sehingga sangat cocok untuk dijadikan salah satu pelengkap dalam proses menyusun atau membuat aquascape.

cabomba caroliniana
Cabomba caroliniana
f. Amazon Sword
Memiliki bentuk yang unik dan cukup berbeda dari lainnya, jenis tanaman Aquascape yang satu ini memang cukup menarik untuk dipilih. Pasalnya, tanaman ini memiliki bentuk yang menyerupai pedang yang memanjang dan biasanya mampu bertahan dalam air dengan suhu antara 22 derajat sampai 28 derajat. Karena memiliki bentuk daun yang cukup besar dan mampu tumbuh setinggi 50 cm maka biasanya ikan-ikan kecil akan bersembunyi di balik tanaman ini.

amazon sword
Amazon Sword
g. African Water Fern
Selain itu, jenis African Water Fern atau disebut juga dengan Bolbitis ini termasuk salah satu jenis tanaman aquascape yang mudah perawatannya. Pasalnya, jenis ini hanya memerlukan pencahayaan yang rendah dan mampu tumbuh dalam kondisi lembab. Bahkan, bisa dijadikan sebagai cover untuk melengkapi atau menutupi tanaman di bawahnya dan juga bisa sebagai media persembunyian ikan kecil.

african water fren
African Water Fren
Perlu diketahui bahwa ketujuh jenis tanaman aquascape yang cocok untuk background tersebut bisa sobat pilih sesuai dengan ukuran aquarium maupun selera. Namun, perlu untuk dipahami juga bahwa karena kebanyakan jenis tanaman background plant ini kebanyakan memiliki daun lebar dan memanjang maka sobat juga perlu untuk memotong beberapa daun yang sekiranya terlalu panjang agar tampilan aquascape menjadi lebih rapi.

2. Tanaman Aquscape Kategori Middle Ground Plant
Seperti yang sudah Mag Fish katakan di atas bahwa selain tanaman background, kali ini kita juga akan mengetahui beberapa jenis tanaman middle ground plant yang cocok ditempatkan di tengah dasar aquarium. Antara lain sebagai berikut :

a. Green Tiger Lotus
Kali ini, salah satu jenis tanaman aquascape middle ground plant yakni Green Tiger Lotus. Tipe ini memiliki daun lebar dan tak terlalu tinggi. Cocok untuk penanaman di bagian tengah aquarium. Selain itu, perawatannya pun juga terbilang cukup mudah mengingat tak membutuhkan suplai cahaya UV terlalu banyak dan mampu hidup di lingkungan dengan suhu antara 22 derajat celcius sampai 28 derajat celcius.

green tiger lotus
Green Tiger Lotus
b. Hemianthus Callitrichoides
Di sisi lain, jika sobat ingin membuat aquascape dengan dasar rumput layaknya lapangan bola, maka jenis tanaman aquascape Hemanthus Callitrichoides ini bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, tanaman yang juga disebut sebagai Dwarf Baby Tears ini sering digunakan oleh para master scaper untuk digunakan sebagai karpet dalam aquarium dan cukup difavoritkan. Bahkan, jenis tanaman air yang satu ini juga mampu tumbuh lebat memenuhi dasar aquarium. Di sisi lain, sifat dari tanaman ini tumbuhnya mengikuti arah cahaya.

Hemianthus Callitrichoides
Hemianthus Callitrichoides
c. Java Moss
Sekilas, jenis tanaman aquascape yang satu ini tampak layaknya ganggan rumput laut. Akan tetapi, bedanya terletak dari warna pada daunnya di mana Java Moss ini memiliki warna hijau yang sangat kontras dengan rumput laut serta sedikit terlihat putih kekuningan. Umumnya, tanaman air ini tumbuh dan berkembang di kayu apung maupun bebatuan. Bahkan, jenis yang satu ini mudah sekali didapatkan. Selain itu, pemeliharaan dan perawatannya pun terbilang cukup mudah dan mampu hidup di segala kondisi lingkungan maupun pencahayaan. Maka, jenis tanaman aquascape Java Moss ini cocok bagi sobat pemula untuk digunakan sebagai rumput dasar pada aquascape.

java moss
Java Moss
d. Eleocharis Parvula
Mirip dengan Hemianthus Callitrichides, jenis tanaman aquascape bernama Eleocharis Parvula ini sangat cocok dijadikan sebagai karpet dasar aquarium. Bahkan, apabila kawan-kawan menggunakan hardscape berupa batu maka dipastikan tanaman ini akan tumbuh yang membuat tampilan aquascape tampak sangat indah dan terlihat lebih natural. Di lain sisi, jenis ini tumbuhnya sangat cepat sehingga jika kawan-kawan memilih jenis ini maka harus rajin memangkasnya secara teratur dan berkala.

eleocharis parvula
Eleocharis Parvula
Empat jenis tanaman aquascape yang telah Mag Fish sebutkan di atas tentunya cocok sebagai tanaman yang ditanam di dasar aquarium. Pasalnya, dilihat dari bentuk tanaman dan cara tumbuhnya, tentunya sangat pas dijadikan karpet rumput sebagai dasar penyusunan aquascape. Sehingga, pemilihan tanaman air untuk middle ground aquascape yang sesuai maka akan semakin membuat tampilannya kian menawan.

3. Tanaman Aquascape Kategori Foreground Plant
Lanjut pada pembahasan berikutnya, kita akan mencari informasi beberapa jenis tanaman aquascape untuk fore ground yang bisa ditanam di bagian depan aquarium. Apa saja itu? Berikut penjelasannya :

a. Ceratophyllum Demersum
Salah satu kategori dari jenis tanaman aquascape foreground plant yakni Ceratophyllum Demersum. Jenis ini memang bisa dibilang cukup cocok sebagai tanaman yang ditanamkan di bagian depan. Hal itu dikarenakan bentuknya yang tak terlalu tinggi dan memiliki ciri seperti ekor raccoon bakal menjadikan tampilan aquascape menjadi kian menarik. Selain itu, perawatannya cukup mudah mengingat hanya tak banyak membutuhkan pencahayaan dari sinar UV.

ceratopyllum demersum
Ceratopyllum Demersum
b. Lilaeopsis
Di sisi lain, jenis tanaman aquascape untuk foreground pun juga bisa menggunakan jenis Lilaeopsis. Ciri dari tanaman ini bentuknya yang menyerupai rumput atau padi kecil yang ketinggian maksimalnya bisa dicapi hingga 5 cm. Hanya saja, pertumbuhannya sangat cepat sehingga kawan-kawan harus rajin memangkasnya ketika sudah tumbuh dan sekira mengganggu pemandangan atau tanaman lain. Selain itu, jenis tanaman ini bisa hidup antara suhi 23 derajat celcius hingga 29 derajat celcius dengan pencahayaan yang cukup.

lilaeopsis
Lilaeopsis
Nah, bagaimana kawan? Cukup banyak bukan beberapa jenis tanaman aquascape itu? Namun, dari banyaknya varietas tersebut, justru akan memberikan banyak pilihan kepada sobat semua untuk memilih jenis tanaman mana yang tepat. Tak hanya itu saja, dari sekian jenis-jenis tanaman aquascape tersebut di atas pun juga termasuk beberapa jenis yang cukup cepat pertumbuhannya dan mudah dalam perawatannya sehingga cocok bagi teman-teman yang baru memulai belajar membuat aquascape. Tampaknya, sekian dulu pertemuan kita kali ini. Semoga informasi mengenai jenis-jenis tanaman aquacape yang Mag Fish sebutkan di atas bisa memberi manfaat.

Baca Juga Cara Membuat Aquascape Minimalis

Jenis Tanaman Aquscape yang Cepat Tumbuh dan Mudah Perawatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment