19 June 2017

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler dan Mudah Dipelihara

Sampai saat ini, ada berbagai macam jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan cukup populer di Indonesia.
Beberapa di antara jenis-jenis tersebut pun juga memiliki harga yang bervariasi, mulai dari ribuan sampai jutaan. Tentu, semuanya tergantung dari keunikan masing-masing dari tiap jenis ikan hias air tawar tersebut. Selain itu, perlunya mengetahui beberapa jenis ikan hias air tawar ini, pastinya akan lebih mempermudah sobat semua yang ingin memelihara ikan hias, tapi bingung ingin memelihara ikan jenis apa. Nah, maka dari itu, kali ini Mag Fish akan menyajikan info lengkap seputar jenis ikan hias air tawar terpopuler dan pastinya yang mudah untuk dipelihara. Sehingga, kawan-kawan pun bisa memilih mana jenis yang paling menarik dan cocok buat kawan-kawan semua.
jenis ikan hias air tawar
Jenis Ikan Hias Air Tawar
Akan tetapi, sebelum kita menginjak jauh membahas beberapa jenis ikan hias air tawar yang akan disajikan dalam artikel ini, Mag Fish ingin sedikit memberi gambaran bahwa setidaknya ada puluhan jenis ikan hias di Indonesia. Namun, dari banyaknya jenis-jenis tersebut, Mag Fish tak akan menyebutkan semuanya melainkan akan menyajikan beberapa jenis ikan hias air tawar yang dinilai mudah dirawat dan paling populer di Indonesia. Di mana, dari setiap jenis tersebut memiliki keunikan tersendiri, mulai dari bentuk tubuh, corak warna, hingga pada pola hidup si ikan itu sendiri. Semakin penasaran ya kawan? Tak perlu menunggu lama, yuk kita simak saja ulasan mengenai jenis ikan hias air tawar yang paling populer yang bisa sobat jadikan hewan peliharaan di rumah. Berikut ulasannya!

6 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer
1. Ikan Arwana
Siapa yang tak kenal dengan ikan Arwana? Ya, jenis ikan hias air tawar yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yang dinilai berbeda dengan ikan-kan lain. Pasalnya, dari bentuknya saja sudah tampak unik di mana memiliki tubuh memanjang layaknya pisau dengan sisik-sisik tegas seperti naga. Maka, tak heran jika jenis yang satu ini juga disebut dengan ikan Naga. Selain itu, ikan hias yang habitatnya berada di rawa-rawa atau sungai besar dan tersebar di daerah tropis, termasuk Indonesia ini juga diyakini membawa hoki. Oleh sebab itu, wajar jika banyak orang yang memelihara ikan hias air tawar yang satu ini.
jenis ikan arwana
Jenis Ikan Arwana
Di sisi lain, kepopuleran ikan Arwana juga terletak pada keunikan dari setiap variannya. Di mana, ikan Arwana ini memiliki beberapa jenis yang memiliki corak pembeda yang sangat menarik. Beberapa di antaranya seperti Arwana Super Red, Arwana Crossback, dan Arwana Red Tail Golden (Golden Red). Ketiga jenis ikan arwana tersebut dikenal memiliki corak dan keunikan yang khas dan dinilai paling menarik dengan harga yang sangat mahal, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Sementara itu, jenis lain seperti Arwana Banjar Red, Arwana Golden Pino, Arwana Silver dan Arwana Jardini memiliki harga lebih terjangkau, yakni berada pada kisaran ratusan ribu saja. Meskipun lebih murah namun keempat jenis tersebut memiliki corak yang khas dan cukup menarik. Tentu, wajar jika Arwana masuk dalam kategori jenis ikan hias air tawar terpopuler. Bahkan, ikan hias yang satu ini pun juga mudah dipelihara.
Baca juga Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Harganya

2.  Ikan Koi
Selain Arwana, salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup populer yakni ikan Koi. Ikan hias yang berasal dari Negeri Sakuran Jepang ini pun juga mudah dipelihara dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain dianggap dan dipercaya oleh sebagian orang sebagai pembawa keberuntungan, sisi menarik dari ikan Koi yakni pada bentuknya yang cukup unik dengan corak warna cerah pada bagian tubuhnya. Sehingga, membuat ikan jenis ini cukup memikat hati para pecinta ikan hias. Umumnya, ikan Koi ini cocok untuk dipelihara di kolam rumah.
jenis ikan koi
Jenis Ikan Koi
Di sisi lain perlu diketahui juga bahwa ikan Koi ini juga memiliki ragam jenis yang sangat banyak sekali. Di mana, setiap jenis tersebut memiliki corak warna yang berbeda dan sangat menarik. Sebut saja, seperti Kohaku, Sanke, Utsurimono, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, tak heran jika ikan Koi ini menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar terpopuler di Indonesia. Apalagi, cara memeliharanya yang terbilang cukup mudah. Selain itu, harga ikan Koi pun juga cukup bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Bahkan, ada juga beberapa jenis yang mencapai jutaan. Tentu, bagi kawan yang memiliki kolam maka jenis ikan hias air tawar yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk dipelihara.
Baca juga Jenis Ikan Koi Terbaik dan Harganya

3. Ikan Louhan
Sempat booming di awal tahun 2000-an lalu, ikan Louhan juga menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup populer di kalangan para penghobi ikan hias. Keindahan dari ikan Lou Han ini terletak pada jenong di bagian kepalanya. Apalagi dengan warna merah menyala dan warna mutiara pada bagian tubuhnya yang semakin memperindah bentuknya. Uniknya, cara geraknya yang cukup menarik pun juga termasuk salah satu keunikan dari jenis ikan hias air tawar ini. Bahkan, ikan dari keluarga Chiclid ini memiliki karakter yang agresif bak predator yang siap memangsa ikan-ikan jenis lain. Meski saat ini pasaran untuk ikan Louhan sudah tak segempar dulu namun jenis ikan hias ini masih cukup menarik untuk dipelihara.
jenis ikan louhan
Jenis Ikan Louhan
Di samping itu, sama dengan jenis ikan hias air tawar lain, ikan Louhan juga memiliki beberapa jenis yang memiliki keunikan tersendiri, di antaranya Louhan Kamfa, Louhan Kemalau, Louhan Zenzhu, Louhan Super Red Texas (SRX), Louhan Rainbow, Louhan Super Red Synsillum (SRS), Louhan Storm, Louhan Golden Base, dan Louhan Super Red Dragon (SRD). Dari beberapa jenis tersebut, harga ikan Louhan pun bervariasi, berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Namun, jika sobat ingin memelihara jenis ikan Louhan ini, sebaiknya dipelihara ketika masih kecil atau berukuran 15 cm sehingga harganya tak terlalu mahal.

4. Ikan Discus
Selain itu, salah satu jenis ikan air tawar yang sangat menarik, yaitu ikan Discus. Pasalnya, jenis ikan hias yang satu ini merupakan salah sati bagian dari keluarga Symphysodon dan cichlidae. Ikan ini lahir di daratan Amerika, tepatnya dari sungai Amazon dan umumnya hidup secara berkelompok. Menariknya, bentuk tubuh dari ikan Discus ini berbentuk pipih menyerupai piringan dengan pola maupun corak warna tegas yang sangat menawan. Bahkan, gerakannya yang sangat tenang seakan semakin membuatnya kian anggun dan cocok untuk dipelihara di dalam aquarium.
jenis ikan discus
Jenis Ikan Discus
Selain itu, ikan Discus juga dikenal memiliki beberapa jenis yang bisa kawan-kawan pilih. Beberapa jenis tersebut antara lain seperti Discus Checker Board Pigoen, Discus Red Ribbon, Discus Pearl Piggeon, Discus Marlboro Red, Discus Gold Yellow Diamond, dan yang terakhir yakni jenis Discus Angel Blue Diamond. 6 jenis ikan Discus tersebut memiliki keunikan pada corak warnanya namun memiliki bentuk yang sama-sama pipih. Sementara itu, untuk kisaran harga ikan Discus antara ribuan sampai ratusan ribu rupiah. Cukup terjangkau bukan?

5. Ikan Cupang
Di sisi lain, ada satu jenis ikan hias air tawar populer yang berbeda dari ikan hias lain, yaitu ikan Cupang. Pasalnya, jenis ikan hias Cupang ini sangat mudah dipelihara bahkan dalam aquarium kecil atau tanpa aerator maupun filter sekalipun. Ikan hias yang memiliki nama latin Betta ini tersebar di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ciri yang paling menonjol dan menarik dari ikan hias ini yaitu pada sirip punggung, bawah dan ekornya yang memiliki warna tegas. Apalagi ketika sirip ekornya mengembang/mekar maka akan tampak begitu anggun dan menawan.
jenis ikan cupang
Jenis Ikan Cupang
Di sisi lain, ikan hias yang cukup populer dan mudah dipelihara ini pun juga diketahui ada beberapa jenis. Antara lain yakni Cupang Halfmoon, Cupang Crown Tail, Cupang Plakat (varietas petarung), Cupang Double Tail, Cupang Giant Betta dan Cupang Aduan yang umumnya memiliki tubuh full pressed body alias ramping dan sirip ekornya sangat rapat dan halus. Nah, untuk kisaran harga ikan Cupang ini pun juga bervariasi, antara ribuan (anakan) sampai ratusan ribu (dewasa) di mana yang paling mahal biasanya harga ikan Cupang jenis Halfmoon, Crown Tail, dan jenis Cupang Aduan.

6. Ikan Mas Koki
Tentu, kawan-kawan sudah kenal dengan ikan hias yang bernama Mas Koki bukan? Ya, jenis ikan hias air tawar ini sangat populer dan banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Namun, perawatannya harus tersedia aerator atau filter aquarium mengingat ikan jenis ini menurut pengalaman dari beberapa yang pernah memeliharanya mudah mati ketika tak ada suplai oksigen dari aerator. Meskipun demikian, ikan Mas Koki tetap masuk dalam kategori salah satu ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Selain itu, ikan hias yang memiliki nama latin Carrasius Auratus ini juga memiliki ciri unik dengan bentuk tubuh gendut dan warna yang begitu menarik serta geraknya yang sangat lucu.
jenis ikan mas koki
Jenis Ikan Mas Koki
Di samping itu, ada beberapa jenis ikan Mas Koki yang bisa sobat pelihara. Di antara beberapa jenis tersebut yaitu Mas Koki Lionhead, Mas Koki Oranda, Mas Koki Hanfusa, Mas Koki Ranchu, Mas Koki Bubble Eye, Mas Koki Ryukin, Mas Koki Komet (ikan Komet), Mas Koki Black Moor, Mas Koki Calico, Mas Koki Telescope Eye, dan Mas Koki Tosakin. Setiap jenis tersebut memiliki keunikan sendiri-sendiri. Selain itu, harga ikan Mas Koki ini pun bervariasi dan cukup terjangkau, yakni dari ribuan sampai puluhan ribu saja. Namun, ada juga beberapa jenis yang sampai Rp 100 ribu. Intinya, semakin bentuk dan warnanya unik maka harganya pun semakin mahal.
jenis ikan hias air tawar paling populer
Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer
Bagaimana teman? Keenam jenis ikan hias air tawar tersebut memang menjadi salah satu jenis ikan yang mudah dipelihara dan yang paling populer di antara beberapa jenis lain. Selain itu, beberapa jenis yang telah Mag Fish sampaikan di atas bisa dipilih sesuai pilihan dan selera kawan-kawan. Namun, perlu diingat bahwa harga beberapa jenis ikan hias di atas merupakan kisaran dan bisa berbeda-beda setiap daerah. Tergantung dari kualitas si ikan itu sendiri. Nah, sekiranya sampai di sini dulu pembahasan mengenai jenis ikan hias air tawar yang populer dan mudah dipelihara. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler dan Mudah Dipelihara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment